Selasa, 20 Oktober 2009

Menghindari komputer nyetrum…, bikin “Grounding”

Saya sering tidak sengaja menyentuh casing atau bagian lain dari komputer (desktop) yang berbahan metal lalu kesetrum. Saya khawatir bagaimana kalo anak-anak yang tidak mengerti mengenai listrik memegang casing komputer, wah bahaya kalo tersetrum.

Selain tidak aman, muatan statis yang tidak terbuang dari perangkat elektronik juga dapat merusak komponen komputer secara perlahan-lahan terutama harddisk.

Di dalam kabel listrik A.C.1 umumnya terdapat 2 jalur: positif (+) dan negatif (-) , namun pada sebagian alat elektronik seperti komputer terdapat sebuah jalur lagi yaitu ground2. Jalur ini digunakan untuk membuang muatan statis ke dalam tanah. Instalasi listrik yang tidak benar tidak menyediakan jalur ini atau malah mengikutkan jalur ini bersama jalur negatif.

Masalah ini banyak ditemui di rumah-rumah, warnet, dll. Ternyata instalasi listrik di sebagian besar rumah di Indonesia tidak terpasang dengan benar.

Jadi gimana solusinya? Harus bongkar rumah? :-) Ngga perlu… ikuti trik mudah dan murah berikut ini.

Bahan-bahan:

1. Kabel satu jalur (serabut atau tunggal) dengan panjang secukupnya untuk mencapai dinding rumah (dinding yang dimaksud di sini adalah dinding semen/beton). Saya sendiri hanya menggunakan kabel bekas sepanjang 1 meter. Untuk rumah tingkat akan memerlukan kabel yang lebih panjang. Namun semakin panjang kabel, maka daya pembuangan ke ground menjadi berkurang.

2. Paku ukuran besar. Saya biasa menggunakan paku berukuran 6 cm.

Cara pembuatan:

  1. Kupas kedua ujung pelapis kabel hingga ujung serabutnya tampak keluar sekitar 2-3 cm.
    Single cable
    Gbr 1. Kupas pelapis pada kedua ujung kabel sampai terlihat bagian dalamnya.
  2. Pasang paku ke dinding dari ketinggian lantai sekitar 15 cm. Semakin dalam tertancap akan lebih maksimal, untuk itu sebaiknya gunakan paku yang panjang misalnya 6 cm.
    Paku di tembok
    Gbr 2. Gunakan palu untuk menancapkan paku ke tembok.
  3. Ikatkan salah satu ujung kabel ke paku, dan hubungkan ujung kabel lainnya ke casing komputer. Untuk lebih jelasnya lihat gambar ilustrasi keren dari saya di bawah ini:
    Gambar Ilustrasi \"grounding\"
    Gbr 3. Ilustrasi pemasangan kabel ground.

Saya sudah sering berhasil melakukan instalasi grounding seperti trik di atas. Jika Anda belum berhasil, periksa kembali kabel dan sambungan pada paku serta casing. Jika berhasil maka PC jadi lebih aman dan bebas dari kesetrum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar